Dalil Nasakh (Pembatalan Ayat), Maksudnya Apa?

Dalil Nasakh (Pembatalan Ayat), Maksudnya Apa? - Untuk penjelasan lebih dalam bisa sahabat simak paparan ayat di bawah ini? Baca juga: Kebermaknaan Hidup dalam Iman

وَإِذَا بَدَّلْنَا آيَةً مَّكَانَ آيَةٍ وَاللّهُ أَعْلَمُ بِمَا يُنَزِّلُ قَالُواْ إِنَّمَا أَنتَ مُفْتَرٍ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لاَ يَعْلَمُونَ -١٠١
Terjemah :
Dan apabila Kami Mengganti suatu ayat dengan ayat yang lain, dan Allah lebih Mengetahui apa yang Diturunkan-Nya, mereka berkata, “Sesungguhnya engkau (Muhammad) hanya mengada-ada saja.” Sebenarnya kabanyakan mereka tidak mengetahui. Baca juga: Bagaimana Huruf Ta dalam Al Qur'an
Dalil Nasakh (Pembatalan Ayat), Maksudnya Apa? image
Ilustrasi: Dalil Nasakh (Pembatalan Ayat), Maksudnya Apa?
Tafsir:
Dan apabila Kami Meletakkan suatu ayat pengganti pada tempat ayat lainnya, dan Allah lebih Mengetahui apa yang Diturunkan-Nya, mereka berkata, “Sesungguhnya kamu hanyalah orang yang mengada-adakan.” Sebenarnya, kebanyakan mereka tidak mengetahui.
Wa idzā baddalnā āyatan (dan apabila Kami Meletakkan suatu ayat pengganti), yakni menurunkan Jibril a.s. membawa suatu ayat yang menasakh.
Makāna āyatin (pada tempat ayat lainnya), yakni pada ayat yang dinasakh.
Wallāhu a‘lamu bimā yunazzilu (dan Allah lebih Mengetahui apa yang Diturunkan-Nya), yakni mengetahui kemaslahatan perintah yang Dia Berikan kepada Hamba-hamba-Nya.
Qālū (mereka berkata), yakni orang-orang kafir Mekah.
Innamā aηta (“Sesungguhnya kamu hanyalah), hai Muhammad!
Muftar (orang yang mengada-adakan”), yakni mereka-reka berdasarkan keinginanmu sendiri.
Bal aktsaruhum lā ya‘lamūn (sebenarnya, kebanyakan mereka tidak mengetahui) bahwa Allah Ta‘ala hanya Menyuruh Hamba-hamba-Nya melakukan sesuatu yang akan mendatangkan kemaslahatan bagi mereka.

0 Response to "Dalil Nasakh (Pembatalan Ayat), Maksudnya Apa?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik dan ulasan yang dipaparkan dalam blog ini. Kunjungan dan komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan Blog ini. Terimakasih!