Ayo Mengenal Huruf Alif (1)

Ayo Mengenal Huruf Alif (1) - Huruf Alif adalah salah huruf yang berada pada deretan paling awal dari 29 huruf Hijaiyyah. Huruf Alif dilambangkan dengan garis vertikal (garis lurus dari atas ke bawah) atau sama dengan angka satu dalam urutan nomor dan tidak dapat menerima harakat tanda baca. Dan apabila Alif itu menerima harakat, maka statusnya berubah menjadi “Hamzah”. Baca juga: Fadhilah atau Keutamaan Membaca Al-Qur'an
Contoh: Ayo Mengenal Huruf Alif (1)
Marilah kita merenung dan berpikir dengan mempersandingkan makna filosofis huruf Alif dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Pertama, karena Alif merupakan satu-satunya huruf hijaiyah yang dilambangkan dengan bentuk angka satu. Maka, di sinilah, Alif seirama dengan makna “Ahad” yang berarti satu, seperti yang termaktub dalam  QS. Al-Ikhlas, yang menegaskan kemurnian ke-Mahaesaan Allah. Inilah essensi ajaran “tauhid” Islam. Dengan demikian, dalam huruf Alif mengandung informasi, bahwasanya Allah adalah satu-satunya yang berhak disembah dan  meminta pertolongan. 

Kedua, Ketika huruf Alif diposisikan sebagai makhluk ciptaan Allah, maka di atas Alif akan ditemukan titik agung yaitu sang Maha Pencipta Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, yang dalam bahasa al-Qur’an dikenal dengan “Al-‘Aliyyu Al-‘Azhiimu” yang kekuasaan-Nya meliputi langit dan bumi, rahmat-Nya melampaui segala sesuatu, dan nur cahaya-Nya amat indah menerangi alam semesta.

Ayo Mengenal Huruf Alif (1)

Ketiga. Pada bagian teratas huruf Alif akan kita temukan titik atas, yang merupakan bagian yang terdekat dengan titik agung, yang dalam bahasa Al-Qur’an disebut “Al-Muqarrabun”, yaitu orang-orang yang dekat kepada Allah, mereka hidup dengan penuh kedamaian, dan kelak akan mendapatkan kenikmatan yang melimpah dalam surga sebagai wujud kasih sayang-Nya. Baca juga: Hukum Membaca Al Quran namun Kurang Fasih

Keempat. Pada bagian terbawah huruf Alif dapat kita temukan pula titik bawah yang merupakan bagian terjauh dengan titik agung, yang dalam bahasa Al-Qur’an disebut “Asfala Safiliina” yaitu orang-orang yang berada pada tingkat terbawah, karena telah hilang ciri utamanya sebagai manusia, yaitu akal.   Sebagai makhluk ciptaan-Nya, menjai kewajiban untuk selalu bersyukur kepada-Nya, yang telah menciptakan kita dalam bentuk yang paling sempurna.

Rasulullah saw. memberikan sebuah nasehat yang sangat populer, agar kita selalu merenung atau berpikir : “Berpikirlah kamu tentang ciptaan Allah dan janganlah kamu berpikir tentang zat Allah sang Maha Pencipta, karena kamu tidak akan sanggup mengetahui kadar-Nya”.

0 Response to "Ayo Mengenal Huruf Alif (1)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik dan ulasan yang dipaparkan dalam blog ini. Kunjungan dan komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan Blog ini. Terimakasih!