Ta' Marbuto Dalam Al Qur'an, What,,,,

Sudah tahu blom Ta' marbuto?. 
Ta marbuto itu huruf ta' dalam Al Qur'an yang berbentuk bulat seperti ini ni,,, (ة) (Bahasa Arab: تاء مربوطة, huruf ta yang bulat) adalah varian dari huruf ta (ت) yang melambangkan fonem /t/ atau /h/. Pada aturan Bahasa Arab Standar Modern, ta marbuta dipakai pada akhir dari sebuah kata yang mengacu kepada kata-kata feminin atau bersifat kewanitaan (perempuan), sebagai contoh pada kata al-Baqarah (البقرة) yang berarti sapi betina. bukan sapi kewanitaan lho,,,,

Dalam alih aksara bahasa Indonesia, Ta marbuta disepadankan dengan T atau H, sebagai contoh kata (براكة) dialihaksarakan barakat dan barakah yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi berkah atau berkat (Jawa).

Ta marbuta merupakan varian dari huruf ta, namun penulisannya memiliki perbedaan dan huruf ini tidak dijumpai pada awal kata, penulisan ta marbuta lebih mirip dengan huruf ha (ه) di akhir kata, namun jika berada di tengah kata, maka penulisannya sama seperti huruf ta normal. Sebagai contoh pada kata barakat (براكة), ta marbuta ditulis layaknya huruf ha, namun pada kata barakatuh (بركاته), ta marbuta tertulis layaknya huruf ta normal.
Waallahu 'alam!

1 Response to "Ta' Marbuto Dalam Al Qur'an, What,,,,"

  1. Di dalam urutan huruf hijaiyah tidak ada huruf ta marbuthoh
    Mengapa di dalam alquran ada ta marbuthoh di mana letak ta marbuthoh di dalam hiruf hijahiyah?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik dan ulasan yang dipaparkan dalam blog ini. Kunjungan dan komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan Blog ini. Terimakasih!